Bioetanol dari ubi kayu

Proses pembuatan alkohol dari ubi kayu

(disunting dari Prihandana, Rama dkk , Bioetanol Ubi Kayu , Bahan Bakar Masa Depan)

Secara garis besar ada 4 langkah proses pembuatan bioetanol dengan menggunakan ubi kayu

a. Mengubah zat pati dalam ubi kayu menjadi zat gula (hidrolisis)

b. mengubah gula (glukosa) menjadi etanol (fermentasi)

  1. Destilasi, Pemurnian etanol hasil fermentasi menjadi etanol dengan kadar 95-96%.

  1. Proses dehidrasi , penghilangan air sehingga kadar etanol meningkat menjadi 99,5%.

 

Teknis pembuatan setanol dengan bahan ubi kayu.

  1. Kupas ubi kayu segar sebanyak 50kg. Cuci dan giling.

  2. Saring hasil gilingan untuk memperoleh bubur ubi kayu.

  3. Tambahkan air 40-50 lt, aduk sambil dipanasi.

  4. Tambahkan 1,5 ml enzym alfa-amilase. Panaskan selama 30-60 menit pada suhu 90 derajat Celcius. (hidrolisis)

  5. Dinginkan hingga suhu mencapai 55-60 derajat Celcius selama 3 jam , lalu dinginkan hingga suhu dibawah 35 C . Gunakan alat penukar panas (Heat exchanger) untuk mempercepat proses pendinginan.

  6. Tambahkan 1 g ragi roti ,ure 65 g dan NPK 14 g . Biarkan selama 72 jam dalam keadaan tertutup , tetapi tidak rapat agar gas karbondioksida yang terbentuk bisa keluar. Fermentasi yang berhasil ditandai dari aroma berupa tape , suara gelembung gas yang naik keatas , dan keasaman (PH) diatas 4. (fermentasi)

  7. Pindahkan cairan yang mengandung 7-9% bioetanol itu kedalam drum lain yang didesain sebagai penguap (evaporator).

  8. Gunakan destilator , panaskan cairan bioetanol tersebut pada suhu 79C. Kontrol suhu dapat dilakukan dengan menggunakan dua cara yaitu mengatur aliran air refluks dalam alat destilasi atau dengan mengatur api kompor.(destilasi)

  9. Fraksi bioetanol 90-95% akan berhenti mengalir secara perlahan

 

 

 

 

 

 

 

 

Proses pembuatan Alkohol dari bahan mollasse

Sebelum memutuskan menggunakan bahan mollasse untuk proses pembuatan alkohol, ada beberapa pertimbangan yang patut disimak:

Mollasse merupakan bentuk gula sederhana, sehingga dapat langsung difermentasikan dengan menggunakan ragi/yeast . Berbeda dengan bahan yang masih berupa pati seperti jagung dan singkong yang memerlukan perubahan terlebih dahulu menjadi bentuk gula/glukosa dengan menggunakan enzym. Dengan kata lain langkah-langkah proses menjadi lebih singkat sehingga menghemat biaya. Namun demikian, pertimbangan lain, disesuaikan dengan kondisi daerah , karena tidak semua lokasi mudah mencari mollase.

 

 

Jagung? Untuk alkohol atau biodiesel

Jagung dapat diproses menjadi bahan bakar nabati yaitu menjadi alkohol dan menjadi biodiesel. Mana yang lebih menguntungkan?

Kalau dilihat dari segi ekonomis tentu kita harus memperhitungkan faktor-faktor lain seperti pemasaran dan harga dipasar. Namun untuk sejenak kita lihat perbedaanya dari segi teknis pembuatan. Proses yang lebih singkat dan cepat tentu memberikan keuntungan , berupa biaya produksi yang lebih rendah.

Ini adalah contoh alat destilasi alkohol (download destilasi_file)

49 thoughts on “Bioetanol dari ubi kayu

  1. bagaimana dengan biaya secara rinci yang dibutuhkan untuk pengolahan bioetanol dari ubi kayu sampai ke pembuatan industrinya dalam skala industri rumah tangga?

  2. mohon kepada saya dikirimkan lbh detail lagi masalah pengolahan bioethanol dari ibu, lengkap dengan sketsa peralatan yang dibuthkan.
    Kiranya dengan bantuan ibu/bapak ini bisa teraplikasikan di masyarakat secara baik. Terima kasih atas bantuannya.

    • selamat malam saudara tolong cari judul yang baru mengenai proses pengolahanj ubi kayu dan mengunakan alat dan bahan di sertai dengan prosesnya ubi kayu

      mohon maf saudara saya dari Timor leste apabila mau bersahabt dengan teman Iran s oke by campos

  3. mohon kepada saya dikirimkan lbh detail lagi masalah pengolahan bioethanol dari ibu, lengkap dengan sketsa peralatan yang dibuthkan.

  4. saya memerlukan informasi tentang bioetanol dari bahan bakar ubi kayu, berikut pengolahan, peluang usaha, pembibitan, dan proses penyulingan dan alat-alat yang diperlukan (perincian harga alat-alat)
    Mohon dikirimkan kepada saya informasi tersebut melalui email saya :
    soul06_angel@yahoo.com

  5. sy setuju dengan pengembangan umbi kayu sbg bioetanol tetapi apakah etanol dari umbi kayu tsbt sudah diujikan pada mesin /disel dan setaranya? n kl udah gm hasilnya?
    o ia saya minta tolong gambar tehniknya destilasi refluks yang lengkap ya?
    cz saya jg mau bt penelitian tentang bioetanol dari tumbuhan lain biat skripsi saya.tlong bales y.mksh

  6. mohon kepada saya dikirimkan lbh detail lagi masalah pengolahan bioethanol dari ibu, lengkap dengan sketsa peralatan yang dibuthkan.
    Kiranya dengan bantuan ibu/bapak ini bisa teraplikasikan di masyarakat secara baik. Terima kasih atas bantuannya.

    Mohon dikirimkan kepada saya melalui irans_leader@email.yahoo.com

  7. mohon kepada saya dikirimkan lbh detail lagi masalah pengolahan bioethanol dari ibu, lengkap dengan sketsa peralatan yang dibuthkan.
    Kiranya dengan bantuan ibu/bapak ini bisa teraplikasikan di masyarakat secara baik. Terima kasih atas bantuannya.

    Mohon dikirimkan kepada saya melalui dit_file@yahoo.com

  8. mohon kepada saya dikirimkan lbh detail lagi masalah pengolahan bioethanol dari ibu, lengkap dengan sketsa peralatan yang dibuthkan.
    Saya berencana akan mencoba pengolahan skala kecil dulu.

    Mohon dikirimkan kepada saya melalui zz_gun_11@yahoo.com

  9. saya ingin minta bantuan mengenai
    1. gambar teknik proses distalasi bioetanol
    2. gambar berupa foto 1 unit mesin bioetanol
    saya sangat membutuhkanya karena saya akan berencana membuat mesin bioetanol untuk didaerah saya karena diderah saya sedang kesulitan bahan bakar

  10. boleh minta informasi tentang bioetanol yang dibuat dari jagung. apa bisa?mohon dikirimkan ke emailq lengkap beserta teknis pembuatannya.terima kasih atas bantuannya,semoga bisa dimanfaatkan sebaik mungkin infomasinya.

  11. Tolong informasinya : untuk mengkondisikan keasaman (PH) medium,apa yang harus ditambahkan (banyak/jumlah dlm % medium).
    Berapa jumlah NPK yang ideal yang ditambahkan (juga dalam %).
    mohon balasan infonya ke bion_nick@yahoo.com
    Terima kasih sebelum dan sesudahnya.

  12. saya memerlukan informasi lebih lengkap mengenai proses pembuatan bioetanol dari ubi kayu sampai proses penyulingannya, teknis destilasi bioetanol dan gambar mesinnya serta perkiraan harga dan dimana saya bisa membeli mesin tersebut.
    saya berencana untuk mencoba dalam skala kecil dahulu.

    mohon infonya dikirim ke mo.nanto@yahoo.com

    terima kasih atas informasinya.

  13. saya mohon dapat memperoleh gambar alat yang lebih baik serta harga peralatan untuk analisis mengembangkan usaha.

  14. saya sudah merekayasa alat destilasi bioetanol dan hasil bisa dikatakan memuaskan untuk ukuran produksi rumah tangga, tapi yang jadi permasalahan bagaimana mengetahui kadar kemurnian etanol dan bagaimana cara meningkatkan kadar etanol tersebut secra alami artinya alat2 tersebut mudah didapatkan dipasaran? tolong dibalas ke alamat email saya, terima kasih sebelumnya.

  15. salam kenal, saya gunawan, bagaimana caranya memproduksi bioethanol sampai 99,5 % dari bahan ubikayu. dengan harga mesin untuk produksi skala rumah tangga dan cara cara atau tekniknya memproduksi sampai jadi ethanol.analisa produksi,tolong kirimkan gambar mesinnya juga,dan bagaimana saya mendapatkannya,dan kira kira investasi yang di perlukan. sebelum dan sesudahnya saya mengucapkan banyak terima kasih.

  16. Aduh bahasa inggris untuk alat destilasinya. Supaya transfer ilmu pengetahuan bisa terwujud, sebaiknya ada yg terjemahin tuh. Hasil terjemahannya, selama digunakan oleh manusia, fahlanya terus berjalan.

    Saya gak bisa bhs inggris sih.

  17. Mohon minta dibuatkan:
    1.sakema/gambar teknik Alat destilasi bio ethanol untuk pengolahan singkong
    2.peluang usahanya (skala rumah tangga)
    3.apa saja peralatan yang diperlukan
    4.proses pembuatan bio ethanol dr singkong dg rinci
    5.terima kasih

  18. mohon bantuannya:
    Asumsi menggunakan bahan baku singkong,
    1. Skema gambar disain alat destilasinya
    2. kira-kira proses pemanasannya dan proses dstilasinya bahan bakarnya apa ya ?
    3. Untuk raginya kira-kira bisa didapatka dimana?
    4. biaya investasi skala kcil brapa?
    5. untuk pmasaran bisa dbantu tdk?

  19. mohon kepada saya dikirimkan lbh detail lagi masalah pengolahan bioethanol dari ibu, lengkap dengan sketsa peralatan yang dibuthkan.
    Kiranya dengan bantuan ibu/bapak ini bisa teraplikasikan di masyarakat secara baik. Terima kasih atas bantuannya.

  20. boleh minta
    1.sakema/gambar teknik Alat destilasi bio ethanol untuk pengolahan singkong
    2.peluang usahanya (skala rumah tangga)
    3.apa saja peralatan yang diperlukan
    4.proses pembuatan bio ethanol dr singkong dg rinci
    5.terima kasih
    narutco_uzumaki@yahoo.com

  21. mohon untuk dibuatkan:
    1. skema/gambar teknik alat destilasi pengolahan dari segala jenisbahan dasar bio ethanol
    2. tolong sebutkan konsumen2 yang siap menampung hasil produksi
    3. perhitungan teori untuk disain alatnya.
    thankss

  22. mohon minta bantuannya mesin dan peralatan apa saja untuk bioetanol skala menengah, berikut spesifikasi dan harga. terima kasih

  23. Dear All,
    Mohon informasi,bila membuat bio-ethanol dari Ubi-kayu bergantian dg ubi-jalar, sorghum ( tergantung musim panennya), apakah peralatannya sama atau berbeda ?kalau beda, apakah hanya pada peralatan awalnya saja,seperti utk mengupas & bikin buburnya? Tks

    salam,
    Dsugianto79@gmail.com

  24. Ass. Saya halauddin dari bengkulu
    Bisa gak digambarkan bentuk dari sisitem refluks di destilasi/ kondensasi. Mohon bantuannya ya Pak, saya mau buat skala kecil untuk mahasiswa di kampus. Trims

    halauddin
    halaustar@yahoo.com

  25. Pingback: Auto

  26. Kami Asosiasi Pengusaha Bioethanol Indonesia (Skala UKM) sedang membutuhkan banyak mitra dalam pengembangan bioethanol sebagai bahan bakar nabati untuk memsukseskan program Desa Energi Mandiri, untuk berdiskusi dapat bergabung pada milis apbi@yahoogroups.com Terima Kasih

  27. mohon saya dikirimin proposal pembuatan bio etanol skala rumah tangga atau UKM lengkap dengan rincian biayanya serta serta peralatan yang dibutuhkan.

  28. saya ingin minta bantuan mengenai
    1. gambar teknik proses distalasi bioetanol
    2. gambar berupa foto 1 unit mesin bioetanol
    saya sangat membutuhkanya karena saya akan berencana membuat mesin bioetanol untuk didaerah saya karena diderah saya sedang kesulitan bahan bakar

  29. Mohon minta dibuatkan:
    1.sakema/gambar teknik Alat destilasi bio ethanol untuk pengolahan singkong
    2.peluang usahanya (skala rumah tangga)
    3.apa saja peralatan yang diperlukan
    4.proses pembuatan bio ethanol dr singkong dg rinci
    5.terima kasih

  30. tolong tanya, bisakah menghasilkan kadar bioethanol 99%
    berapa anggaran biaya mesin dll untuk skala terkecil (rumah tangga)
    untuk proses produksi butuh waktu berapa lama ?
    limbah ini dibuang ato masih bisa digunakan lagi ?
    kalo dengan 50 kg ubi berapa banyak biaoethanol yang dihasilkan ?
    terima kasih

Leave a Reply

