Knowledge Management

Ternyata ada juga teori yang mengungkap potensi dari hal sederhana yang saya lakukan. Bahkan dengan membaca tentang Knowledge Mangement saya jadi semakin termotivasi untuk terus melakukan pengarsipan-pekerjaan yang mulai kehilangan motivasi- dengan konsisten.

Gambar-gambar teknis dari pekerjaan-pekerjaa yang saya lakukan sebelumnya saya arsipkan menjadi sebuah buku kecil yang selanjutnya dapat digunakan di kemudian hari . Walaupun masih sangat ala kadarnya, dan seringkali hanya saya yang mengerti. Idenya, buku kecil itu akan berguna apabila suatu saat ada pesanan mesin yang sama dengan yang dulu.

Setelah saya membaca konsep tentang Knowledge Management di situsnya RomiSatriaWahono.net , pengarsipan hanya salah satu bagian dari Knowledge Management. Memang , pengarsipan hal yang paling sederhana yang dapat segera dilakukan . Yang masih dapat dimaksimalkan dan dikembangkan.

Knowledge Management yang saya anggap sederhana namun sangat berguna :

1. Pengarsipan

2. Transfer pengetahuan/pengalaman langsung person to person

Pengarsipan berarti penyimpanan data dan fakta tentang suatu hal atau pekerjaan dalam bentuk tertulis , yang selanjutnya dapat dibuka dan dipelajari dikemusian hari. Pengalaman dan pekerjaan saya telah saya arsipkan secara kontinyu . Arsip saya buat dalam bentuk gambar kerja menggunakan sketsa tangan atau Autocad . Semua gambar saya lengkapi dengan ukuran dan bahan yang digunakan . Bagian-bagian yang rumit saya foto dan kasi komentar. Begitu juga ada foto juga secara global . Ada penjelasan secara global tentang fungsi dan kapasitas peralatan . Semakin dalam penjelasan yang disampaikan tentu akan semakin berguna bagi orang lain .

Arsip, mengurangi cost of failure, karena potensi kegagalan yang sama tidak akan terulang kembali. begitu pula waktu untuk trial and error bisa dipastikan akan sangat berkurang atau bahkan tidak ada.

Sisi lain . Arsip yang ada merupakan pijakan ke inovasi yang lebih maju bukan merupakan   patokan yang harus selalu diikuti.  Jadi kalo ada orang yang jadi takut berinovasi karena arsip maka arah knowledge management yang dilakukan harus dikoreksi .

Transfer pengetahuan . Yang terpenting dari transfer pengetahuan adalah adanya transfer pengalaman antara satu pihak yang berpengalaman dan satu pihak yang belum berpengalaman  . Karena pengalaman adalah sesuatu yang sangat berharga yang tidak dapat di kopi begitu saja, dan juga tidak ada pada buku . Transfer p[engalaman hanya bisa didapat apabila seseorang bener bener get involved dengan yang punya pengalaman.

Leave a Reply

