Tulis saja periksa belakangan

Tips hari ini (Terus berusaha menjadi penulis yang lebih baik -2) bagi bloger yang mengandalkan kekuatan artikel

Itulah yang saya lakukan untuk menjadi penulis yang lebih baik . Tulis saja periksa belakangan . Saya menulis sekehendak hati , apa saja yang menarik perhatian saya. Entah itu sesuai dengan tema blog saya entah tidak , yang pasti saya tulis saja. Tulisan-tulisan tersebut saya simpan di hardisk komputer . Tulisan itu bisa saya simpan sampai berminggu-minggu tanpa pernah saya baca kembali . Namun bila ada waktu saya pilah-pilah , bila ada yang layak saya blog out. Kebanyakan tulisan saya bukan tulisan yang lengkap dan selesai , kebanyakan masih sepenggal-sepenggal tapi dapat menjadi sumber inspirasi untuk tulisan selanjutnya . Jadi tulisan sebelumnya menginspirasi tulisan selanjutnya dan terus bergulir menginspirasi tulisan selanjutnya dan selanjutnya. Dengan kata lain saya menyempurnakan satu tulisan tidak dengan menambahkan disana sini pada artikel asli . Saya lebih suka untuk menulis ulang . Karena membaca dan mengedit tulisan lama, saya seolah-olah sudah kehilangan jiwa tulisan tersebut. Kata-kata yang baik dan bermakna saya tulis ulang kembali . Sehingga jangan heran kalau tulisan saya sering mengulang kalimat yang sama. Tak apakan?

Contohnya begini:
1.Usaha dibidang pertanian bukan hanya sawah yang digunakan menanam padi menghasilkan beras .Tapi dapat menghasilkan ikan gurame, mujair atau tombro bila diubah menjadi kolam pemeliharaan ikan . Disamping kolam ditanam hijauan kangkung dan gamal sebagai penambah pakan bagi ikan. Daun-daun gamal yang gugur akan jatuh dipermukaan air , selanjutnya dimakan oleh mulut mungil ikan .
2.Usaha dibibidang pertanian bukan hanya persawahan yang menghasilkan padi, jagung atau palawija. Sepetak tanah tegalan dapat dipergunakan untuk menghasilkan buah dan sayur mayur yang dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari. Atau menghasilkan bahan makanan yang dapat dijual sehari-hari. Tegalan yang menghasilkan kacang panjang, singkong, kelapa dapat menjadi bahan untuk menjual sayur urap atau penganan sehari-hari. Melalui proses pengolahan penghasilan yang didapat akan lebih besar , karena sudah ada penambahan nilai ( added value).

Leave a Reply

