ecosystem bussniess

Pemilik usaha atau bisnis sadar atau tidak merupakan bagian dari suatu ekosistem bisnis. Bisnisnya sendiri adalah bagian dari ekosistem dan bisnis lain yang berada diluar bisnisnya sendiri. Tingkah laku satu usaha akan mempengaruhi usaha orang lain. ada reaksi dan ada aksi. Ketika suatu usaha X menurunkan harga maka akan diikuti oleh usaha yang lain. Dan untuk menjaga penjualan akan diikuti lagi oleh yang lain lagi. Jadi menurunkan harga adalah “never ending war” .sedangkan peningkatan kualitas , peningkatan service akan diikuti juga oleh usaha yang lain. itu hanya satu bagian dari perilaku “eco bisnis” . Ada aksi dan reaksi.
Dalam contoh yang berbeda ekobisnis dalam bentuk “medium” tertentu sengaja dibangun sebagai tempat “interaksi brand dengan costumer”. Disinilah “event” menjadi penting, karena brand memerlukan tempat interaksi langsung dengan pelanggan. daripada membuat event sendiri, event-event besar hampir pasti sangat diminati merk.
Contoh sukses coca-cola yang selalu ada dalam setiap perhelatan piala dunia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s