serve the poor

The poor will grow and want new stuff

Setiap orang ingin meningkatkan taraf hidupnya.
Jumlah orang menengah bawah di Indonesia sangat besar.
Yang memiliki kemampuan untuk melayani mereka akan mendapat kesuksesan jangka panjang. Mereka menginginkan sepeda motor, rumah, TV, stereo set. They also need another motor cycle,

The X faktor : jumlah

Kesuksesan “melayani si miskin” ini, bukan berarti menghilangkan efisiensi.
Kesuksesan (serve the poor) ditentukan oleh rancangan produk dan pembiayaan.
Bagaimana merancang produk yang “less material, mengutamakan fungsi bukan tampilan” .
Jadi imaging tidak menjadi penting ketika fungsi, affordability, dan accessability lebih diutamakan.

apabila mengikuti definisi bank dunia, bahwa setiap keluarga yang menghabiskan 2 dolar sehari (dua puluh ribu rupiah) adalah kelas menengah maka setiap orang yang anda temui di indonesia adalah kelas menengah. Setiap hari keluarga beranak dua spend minimal 20 ribu rupiah sehari. Sepuluh ribu untuk anak sekolah, dan sepuluh ribu lagi untuk ibu ke pasar. Belum ditambah rokok si bapak sepuluh ribu untuk satu bungkus rokok.
Sehingga middle class di indonesia perlu di segmen lagi menjadi menengah bawah (middle low), menengah menengah (middle middle) dan menengah atas (middle upper).
Ketiga segmen dalam kelas menengah memiliki daya beli dalam keterbatasan, dan jangkauan tertentu.

The poor mean almost don’t have daya beli .
Si miskin berarti hampir tidak memiliki daya beli, tidak dapat membiayai kesehatannya.
Tapi yang menarik dari the poor adalah mereka ada dan bertahan. They exist and survive. Mereka memiliki daya tahan yang luar biasa untuk eksis.
Dalam sistem ekonomi mereka menjelma menjadi para buruh, buruh migran, TKI ,TKW, tk parkir, buruh proyek yang bekerja siang dan malam,pemuluing, tk sapu, dll.

Jadi boleh dibilang tulang punggung perekonomian itu ada dipundak the poor dan middle low. Bahkan yang menempati tempat diatasnya (midmiddle dan middle upper) berdiri diatas kaki middle low dan poor.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s